Porsentase Kelulusan SKD Pelamar CPNS BKN Tergolong Tinggi

Jakarta-Humas BKN, Kepala Biro Kepegawaian BKN mengklaim bahwa hasil SKD pelamar CPNS BKN tergolong cukup tinggi. Dari total pelamar CPNS BKN kisaran 8 ribu yang berhasil lolos seleksi administrasi hanya 962 dan mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD). Hasil SKD pelamar CPNS BKN menunjukkan sebanyak 329 dari 962 pelamar lolos passing grade.

Pernyataan tersebut disampaikan Achmad Hidayat kepada tim Humas BKN Rabu, (1/11) di Kantor Pusat BKN Jakarta bersamaan dengan pengumuman peserta SKD CPNS BKN yang lolos ke tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB) yang disampaikan ke publik via website dan media sosial BKN.

“Jumlah porsentase pelamar CPNS BKN yang masuk ke tahapan SKD tergolong tinggi, bahkan bisa jadi tertinggi,” ungkap Achmad. (foto: dok.Humas)

 

“Jumlah porsentase pelamar CPNS BKN yang masuk ke tahapan SKD tergolong tinggi, bahkan bisa jadi tertinggi, mencapai lebih dari 33%. Sementara instansi lain rata-rata berkisar antara 10 – 15% saja,” ujar Achmat.

Di sisi lain persyaratan seleksi administrasi BKN sangat ketat baik dari persyaratan skor TOEFL (minimal 480) dan akreditasi universitas A.

Saat ini postur PNS secara nasional termasuk BKN, menurut Achmad masih didominasi oleh SMA sederajat atau D3 mencapai 50%. Dengan direkrutnya peserta dari S1 sampai S3 ini akan diarahkan ke depannya untuk membuat kebijakan kepegawaian yang tepat dan efektif.

“Tanggung jawab BKN sebagai lembaga pembina manajemen kepegawaian sehingga PNS BKN tidak hanya dituntut sebagai eksekutor, akan tetapi lebih kepada konseptor kebijakan kepegawaian yang baik,” tutupnya.

Untuk peserta yang dinyatakan lolos ke tahapan SKB selanjutnya dapat dilihat pada link berikut http://www.bkn.go.id/pengumuman/pengumuman-peserta-skb-cpns-bkn-tahun-2017   bal/des