Pengembangan e-Office, BKN Luncurkan e-Agenda dan e-Notula

Jakarta-Humas BKN, Dalam rangka menuju organisasi pengelola kepegawaian modern, BKN menambah lagi koleksi  inovasi digital pemanfaatan e-Office. Inovasi tersebut berupa e-Agendadan e-Notula. Kegiatan pengembangan aplikasi e-Office secara umum memang dirancang untuk mendukung percepatan proses reformasi birokrasi (RB) di lingkungan BKN.

“Dengan e-Office, BKN melakukan modernisasi birokrasi yang antisipatif dan proaktif. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pelaksanaan tugas dan fungsi. Pengembangan budaya nilai dan prilaku kerja yang positif. Penyerderahanaan sistem, prosedur, mekanisme, dan kontrol kerja yang effektif. Serta meningkatkan mutu layanan administrasi,” papar Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti saat meluncurkan e-Notula dan e-Agenda di Kantor Pusat BKN, Jumat (19/1/2018).

Sementara Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyampaikan beberapa hal terkait kedua inovasi baru tersebut. ““e-Agenda merupakan pencatatan dan pengaturan agenda prioritas kegiatan jajaran pimpinan BKN. sekaligus sebagai bukti baik catatan keberhasilan maupun kegagalan,” terang Mohammad Ridwan.

“e-Notula merekam kesimpulan suatu permasalahan yang sudah diputuskan sehingga tidak terulang kembali. Di samping itu hasil keputusan yang terdokumentasi dengan baik juga dapat menjadi pedoman pengambilan kebijakan selanjutnya. Keuntungan lainnya yaitu dokumen yang tersempan secara elektronik tersebut dapat menjadi bukti otentik,” imbuhnya.

Beberapa Janis rapat maupun kegiatan yang nantinya akan direkam pada e-Agenda dan e-Notula,menurut Mohammad Ridwan, meliputi: rapat Pimpinan BKN, rapat yang dipimpin para Jabatan Pimpinan Tinggi Madya, rapat yang dipimpin oleh Kepala unit Kerja, rapat yang berdampak pentiing bagi BKN, rapat yang mengusulkan rancangan kebijakan, dan rapat yang mengusulkan tindakan operasional.

Peluncuran  e-Agenda dan e-Notula dilanjutkan dengan workshop pemanfaatanya oleh 40 Sekretaris  pimpinan dan unit kerja di lingkungan BKN