Pendidikan LN dengan Kualitas Terjamin, Latih ASN Pahami Perbedaan Karakter dari Mancanegara

Jakarta-Humas BKN, Biro Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan alternatif tawaran program pengembangan bagi pegawai melalui pemaparan Double Degree Program dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Rabu (13/02/2019), di Kantor BKN Pusat, Jakarta. Dalam kegiatan pemaparan tersebut hadir Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf, para Pejabat Pimpinan Tinggi BKN dan sekitar 45 pegawai BKN yang didominasi oleh generasi milenial.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa melalui pendidikan di Luar Negeri dengan substansi dan kualitas yang terjamin, Aparatur Sipil Negara (ASN) akan terlatih untuk memahami dan terbiasa dengan tingkat kompetitif yang berbeda dalam menghadapi tuntutan era 4.0. Pegawai tersebut juga dapat belajar mandiri dan survive dalam lingkungan baru dan dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki karakter berbeda dari Mancanegara. “Perlu skill tersendiri untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki karakter berbeda, sehingga dapat mengubah karakter dan pola pikir menjadi lebih terbuka khususnya terhadap pendapat orang lain,” tuturnya.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Eko Prasojo menjelaskan bahwa program pendidikan tersebut terdiri dari dua pilihan yaitu, Double Degree Progran in Public Administration yang berkolaborasi dengan University of Canberra dan Double Degree Program in E-Government dengan Victoria University of Wellington. Eko menyampaikan bahwa melalui program tersebut selain memperoleh gelar Magister dari dua Universitas, peserta didik juga dapat mempelajari relasi antara Pemerintah atau Negara dengan masyarakat terutama dalam bidang publik, bisnis dan perpajakan. “Program ini merupakan kolaborasi perguruan tinggi dengan Pemerintah dalam upaya pengembangan ASN serta bertujuan untuk mendukung perubahan positif di sektor publik,” jelasnya. Bima menambahkan bahwa BKN akan mengupayakan dana beasiswa untuk menunjang para pegawai yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Luar Negeri, salah satunya dengan berkolaborasi bersama Kedutaan Besar Negara tujuan. soraya/kaw

sumber : bkn.go.id