Skip to content

Menu
  • Sambutan
  • Informasi
  • Pelayanan Kepegawaian
    • Kenaikan Pangkat
    • Mutasi / Pindah
    • Izin Belajar
    • Peningkatan Pendidikan
    • Tugas Belajar
    • Pensiun
    • Pembuatan Badge / KTP Pegawai
    • Kartu Istri / Kartu Suami
    • Kartu Pegawai
    • Pencantuman Gelar
    • Konversi NIP
  • Peraturan
    • Undang-Undang
    • Peraturan Pemerintah
    • Peraturan Menteri Dalam Negeri
    • Peraturan MenPAN&RB
    • Peraturan BKN
    • Peraturan Kepala BKN
    • Surat Edaran BKN
    • Peraturan Walikota Dumai
    • Peraturan Daerah Kota Dumai
  • SAKIP
    • SAKIP 2022
      • Renstra 2021 – 2026
      • LKjIP BKPSDM Kota Dumai 2022
      • PK Perubahan 2022
      • SK Indikator Kinerja Utama 2022 – 2026
      • Laporan Hasil Evaluasi 2022
      • Rencana Kerja Tahunan 2022
  • Data
    • Daftar Kepala Perangkat Daerah Kota Dumai
  • Tusi BKPSDM
  • SOTK
  • Download
Menu

BKN Sinkronkan Data ASN dari 85 Instansi Pusat dan 542 Daerah

Posted on 13 September 201913 September 2019 by iyam bkpp

                                                                             (Foto: kis)

Jakarta – Humas BKN, Deputi BKN Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen menyebutkan bahwa BKN tengah menggarap Sistem Informasi ASN (SI-ASN) terintegrasi untuk memenuhi target terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 95/2018 dan target satu data ASN nasional sesuai Perpres 39/2019.

Ia menjelaskan untuk langkah awal pengintegrasian sistem informasi ASN ini akan dilakukan melalui sinkronisasi data Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) yang dikelola masing-masing instansi dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang dikelola BKN.

“Komponen data yang masuk ke dalam SI-ASN nantinya mencakup e-Recruitment, e-SAPK,

e-Arsip, e-Kompetensi,  e-Kinerja, dan Simpeg 58 instansi pusat dan 542 instansi daerah.”

 

“Komponen data yang masuk ke dalam SI-ASN nantinya mencakup e-Recruitment, e-SAPK, e-Arsip, e-Kompetensi, e-Kinerja, dan Simpeg 85 instansi pusat dan 542 instansi daerah. Untuk instansi yang sudah memiliki Simpeg, datanya akan disinkronisasikan ke SAPK. Sementara instansi yang belum menggunakan Simpeg dapat memanfaatkan Simpeg dari BKN mengingat masih banyak instansi, khususnya di daerah yang belum menggunakan Simpeg sebagai tools pengelolaan data ASN-nya,” imbuhnya saat Rapat Koordinasi Sistem Integrasi ASN bersama instansi pusat dan daerah yang berlangsung Kamis, (12/9/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Ia menambahkan bahwa ketersediaan Simpeg yang tidak seragam di semua instansi dan infrastruktur yang belum memadai menjadi kendala perencanaan integrasi sistem informasi ASN saat ini.

Tahap awal integrasi sistem informasi ASN dilakukan dengan melakukan survei sistem informasi kepegawaian yang mencakup pengajuan evaluasi, verifikasi kesiapan, penilaian dan rekomendasi untuk Simpeg instansi. Survei pertama yang dilakukan pada 23 Mei dengan melibatkan 24 instansi yang terdiri dari 3 instansi pusat dan 13 daerah. Variabel survei terhadap Simpeg instansi yang dilakukan mencakup aspek infrastruktur teknologi, sistem informasi, dan data, aspek sumber daya manusia bidang IT, dan proses bisnis Simpeg instansi.

Ada sejumlah aplikasi pendukung yang disiapkan BKN untuk mendukung percepatan integrasi sistem ASN. Salah satunya adalah SAPK mobile yang disebut dengan MySAPK 2.0 dengan memanfaatkan teknologi smartphone. Dengan sistem ini, masing-masing ASN dapat memperbarui datanya secara mandiri dan kemudian akan diverifikasi oleh instansinya.

MySAPK 2.0 ini akan segera dirilis pada Rapat Koordinasi Kepegawaian (Rakornaspeg tahun 2019) yang akan diselenggarakan pada 25 September di Yogyakarta dengan mengundang seluruh perwakilan Kementerian/Lembaga/Daerah. des/bur

Dilihat : 696

Cari …

KONTAK PENGADUAN

Kontak Pengaduan BKPSDM Kota Dumai Email : [email protected]

SIMPEG ONLINE

Klik ! SIMPEG Online BKPSDM Kota Dumai

e-KINERJA

Klik! e-kinerja BKN

Data PNS di BKN

Download aplikasinya di Perangkat Anda

Statistik Kunjungan Website

523548
Visit Today : 185
Visit Yesterday : 286
This Month : 9524
This Year : 55315
Total Visit : 523548
Hits Today : 747
Total Hits : 1629141
Who's Online : 2

Lokasi :

Hubungi Kami :

Alamat :
Jl. Tuanku Tambusai (Kompleks Perkantoran Walikota Dumai).

Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur – Kota Dumai – Provinsi Riau

E-mail : [email protected]

Telp. / Fax. (0765) 4300055

Kode Pos 28882

Kontak Pengaduan E-mail : [email protected]

Jam kerja :
Senin—Kamis : 7:30 WIB–16:00 WIB
Jum’at : 7:30 WIB–16:30WIB

©2023 | Built using WordPress and Responsive Blogily theme by Superb