Talent Pool ASN Jadi Salah Satu Pilar untuk Wujudkan Visi Indonesia 2045

Jakarta-Humas BKN, Guna mendapatkan kesamaan pemahaman dan komitmen bersama tentang rencana program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis manajemen talenta nasional, Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (KemenPPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menginisiasi rapat koordinasi yang diikuti Kementerian/Lembaga (K/L) dan institusi yang mengurusi SDM Nasional di Kantor KemenPPN/Bappenas, Senin (20/5/2019). Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan visi Indonesia 2045 adalah Indonesia unggul, maju, bersaing dengan bangsa-bangsa lain menjadi negara berpendapatan tinggi di era ekonomi modern yang mampu mengatasi masalah-masalah ekonomi, sosial, dan keamanan.

Bambang melanjutkan, salah satu faktor yang berperan untuk mewujudkan visi itu adalah kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN). “Saya berharap, ASN nanti tidak hanya berperan secara administratif, namun kualitasnya mampu bersaing dengan eksekutif-eksekutif pada sektor swasta. Hingga level itu,” ujarnya.

(foto: ber)

Di saat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana yang hadir pada rapat itu menjelaskan tentang pelaksanaan pengisian Talent Pool ASN secara nasional, yang diharapkan mampu menjadi acuan rencana suksesi instansi, pengembangan karir pegawai, pengembangan kompetensi, dan promosi serta mutasi. “Pelaksanaan pengisian Talent Pool ASN Nasional merupakan komitmen BKN untuk mewujudkan ASN yang profesional. ASN sebagai regulator harus berada di level yang lebih tinggi dari eksekutif di sektor swasta,” ujar Bima.

Terakhir, Bima optimistis visi Indonesia tahun 2045 dapat tercapai. “BKN percaya Indonesia akan maju jika berbasis pada SDM-nya, tidak lagi pada Sumber Daya Alam (SDA). Untuk itu, BKN berkomitmen untuk terus mengawal proses pengisian Talent Pool Nasional dan melakukan pembinaan manajemen ASN secara maksimal,” tutupnya. ber